Teknik dan Panduan Membuat Kutipan Dengan Citation dan Daftar Pustaka Dengan Bibliography
Cara Membuat Kutipan dan Daftar Pustaka (Bibliografi) Otomatis di Word
Anda mungkin sering bingung cara menulis kutipan, daftar
pustaka atau bibliografi yang tepat walaupun sudah ada petunjuknya.
Microsoft Word memiliki solusi untuk mengatasi masalah ini
dengan menyediakan fitur Citations & Bibliography. Manfaat fitur ini antara
lain:
1.
Word mendukung 10 gaya
penulisan, seperti APA, MLA, dan sebagainya. Kita dapat mengubah dari satu gaya
ke gaya penulisan yang lain hanya dengan beberapa klik saja. Selain itu kita
juga bisa install style yang lain untuk kutipan dan daftar Pustaka di Word 2007/2010/2013.
2.
Kita hanya perlu membuat
data untuk sumber pada kotak isian yang sudah tersedia. Kotak isian yang muncul
berbeda-beda berdasarkan tipe sumber yang dipilih, misalnya buku, jurnal,
website, laporan, film dan sebagainya.
3.
Data sumber kutipan akan disimpan di komputer
untuk dapat digunakan kembali bila diperlukan dan dapat digunakan di dokumen
yang lain juga.
4.
Fitur ini akan membantu
mencegah kesalahan penulisan kutipan dan daftar pustaka (bibliografi). Karena
cara penulisan akan diatur oleh Word sesuai dengan gaya yang dipilih. Misalnya
untuk membuat nama penulis yang lebih dari satu, tiga sampai lima penulis, dan
sebagainya, cukup dengan mengisi nama penulis saja (First Name, Middle Name,
dan Last Name).
5.
Word akan membuat daftar
pustaka (bibliografi) dengan cepat dan mudah berdasarkan sumber yang ada. Bila
ada perubahan atau kesalahan, kita bisa mengeditnya dengan mudah.
v
Cara Membuat Kutipan dan
Sumbernya
Catatan: Membuat kutipan akan
sekaligus menambah data untuk sumber yang akan muncul di daftar pustaka
(bibliografi).
1.
Pada References tab,
Citations & Bibliography group, klik tanda panah pada Style Citations &
Bibliography Group

2.
Pilih gaya penulisan,
misalnya APA atau MLA.
3.
Klik pada bagian di halaman
dokumen yang akan disisipkan kutipan.
4.
Pada References tab,
Citations & Bibliography group, klik Insert Citation.
5.
Klik Add New Source untuk
membuka kotak dialog Create Source.

6.
Pada Type of source, pilih
tipe sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan sebagainya.
Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang dipilih.
7.
Ketik informasi yang
diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di bagian bawah
kotak dialog.
8.
Pada beberapa bagian
seperti Author akan muncul tombol Edit. Klik tombol ini untuk mempermudah
menulis nama dan mengatur urutannya.
9.
Centang kotak Show All
Bibliography Fields untuk menambah data lain.
10.
Klik OK bila sudah selesai.
11.
Pada dokumen sekarang sudah
muncul kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin membuat daftar sumber untuk
digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut pada dokumen.
v
Cara Mencari Sumber Kutipan
yang Tersedia
Gunakan fitur ini untuk mencari kutipan pada daftar yang
panjang atau untuk menemukan kutipan yang digunakan pada dokumen MS Word yang
lain.
1.
Pada References tab,
Citations & Bibliography group, klik Manage Sources.
2.
Perlu diperhatikan:
a.
Bila membuka dokumen baru,
semua sumber yang pernah digunakan pada dokumen sebelumnya akan muncul di
bagian Master List.
b.
Jika membuka dokumen yang
memiliki kutipan, sumber untuk kutipan tersebut akan muncul di bagian Current
List.
3.
Untuk mencari sumber tertentu,
lakukan hal berikut:
a.
Pada kotak sortiran, pilih
apakah sumber akan diurutkan berdasarkan tahun (Sort by Year), penulis (Sort by
Author), judul (Sort by Title), atau berdasarkan tag (Sort by Tag).
b.
Pada kotak Search, ketik
judul atau nama penulis yang ingin dicari.
4.
Klik Close bila sudah
selesai.
v
Cara Edit Sumber Kutipan
1.
Cari sumber yang ingin
diedit dengan cara di atas (menggunakan Manage Sources).
2.
Klik sumber tersebut di
bagian Master List (bila ingin merubah data di Master List). Atau klik sumber
di Current List bila ingin mengubah data di sini.
3.
Klik tombol Edit dan
lakukan perubahan yang diinginkan.
4.
Klik OK bila sudah selesai.
Microsoft Word akan meminta konfirmasi apakah Anda ingin melakukan perubahan di
Master List dan Current List :
a.
Klik Yes, bila ingin
perubahan disimpan pada kedua daftar tersebut.
b.
Klik No, bila perubahan
hanya untuk daftar yang dipilih.
5.
Klik Close untuk menutup
kotak dialog.
Tip: Cara cepat untuk mengedit sumber: klik kutipan pada
dokumen dan kemudian klik tanda panah dan pilih Edit Source.
v
Cara Membuat Daftar Pustaka
(Bibliografi)
Sebelum membuat daftar pustaka (bibliografi), kita harus
memiliki sumber (kutipan) terlebih dahulu (minimal 1).
1.
Klik pada bagian halaman
dokumen untuk membuat daftar pustaka (bibliografi). Bila perlu gunakan Section
Break untuk membuatnya di section yang baru.
2.
Pada References tab, in the
Citations & Bibliography group, klik Bibliography.

3.
Klik pada Bibliography yang
tersedia untuk menyisipkannya pada dokumen.
4.
Klik pada daftar pustaka
(bibliografi) untuk memberi format yang diinginkan (mengubah tipe dan ukuran
font, warna dan sebagainya).
5.
Bila ada perubahan data,
klik pada daftar pustaka (bibliografi) sehingga muncul tampilan seperti pada
gambar berikut.

6.
Update Bibliography Klik
Update Citations and Bibliography.
Komentar
Posting Komentar