Fitur dan Fungsi Microsoft Word


1.       Pengertian Header
Header adalah sebuah perintah yang bisa digunakan untuk memberikan / menambahkan catatan kepala (bagian atas kertas). Biasanya perintah ini digunakan untuk naskah yang terdiri dari beberapa halaman yang terintegrasi isinya satu sama lain seperti proposal, karya tulis ilmiah, dan lain-lain.
2.       Pengertian Footer
Footer adalah sebuah perintah yang bisa digunakan untuk memberikan / menambahkan catatan kaki (bagian bawah kertas).Biasanya perintah ini digunakan untuk naskah yang terdiri dari beberapa halaman yang terintegrasi isinya satu sama lain seperti proposal, karya tulis ilmiah, dan lain-lain. Dengan fasilitas header & footer kita bisa menambahkan nomor halaman (page number), tanggal (date), dan waktu (time) yang bisa kita tempatkan di sebelah kiri (left), center (tengah), atau right (kanan) dari header atau footer yang kita buat. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
Klik menu insert.
dalam header & footer grup,klik header/footer.
Tentukan design header atau footernya sesuai keinginan.
3.    Pengertian Page Break
Page break digunakan untuk memisahkan isi dokumen ke awal halaman baru. Misalnya jika kita ingin memastikan bahwa paragraf yang disusun tidak terpisah, maka kita tempatkan kursor pada awal paragraf kemudian kita lakukan page break, atau bisa juga menggunakan shortcut kombinasi tombol Ctrl dan Enter.
4.   Fungsi dari fitur – fitur Microsoft Word
a.       Fungsi Menu Tab Ikon Word 2007 Secara keseluruhan terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word 2007. Ketujuh tab tersebut terdiri atas :
Home
Insert
Page Layout
References
Mailings
Review
Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007 perlu diketahui agar dicapai penggunaan Microsoft Word 2007 secara maksimal.
Berikut ini adalah tampilan dan masing-masing tab dalam keadaan aktif beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft Word 2007.
b.      Fungsi Menu Tab Home Word 2007
Tab home adalah tab yang berisikan kumpulan menu-menu standar.
Gambar Tab Home berisikan toolbar standar dari Microsoft Word 2007
Nama Icon Keterangan
New             Digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
Open           Digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
Save             Perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
Save As       Digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
Print             Digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
Prepare      Digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
Send            Digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
Publish        Perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
Close            Digunakan untuk menutup file dokumen aktif
Pada Microsoft Word 2007 perintah-perintah didominasi dalam bentuk tab, dimana pada tab-tab tersebut berisikan sekumpulan tombol perintah. Kumpulan tombol-tombol perintah tersebut hanya muncul pada saat tab diaktifkan. Cara menampilkan tab adalah cukup dengan klik kiri pada judul masing-masing tab itu sendiri, dan dalam hal ini Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View adalah judul tab yang dimaksud. Selanjutnya, secara berturutan ditampilkan gambar-gambar kumpulan tombol-tombol pada tab-tab sebagai bagian dari submenu tab Home sebagai berikut :
·         Submenu Clipboard
Submenu Clipboard digunakan untuk menampung sementara file-file hasil copy, hasil pemotongan, serta format printer. Selain itu, submenu ini digunakan untuk menampilkan kembali hasil proses copy atau pemotongan yang telah dilakukan.
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste                : Untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut                  : Untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy                : Untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : Digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
 Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
·         Submenu Font
Submenu Font berisi ikon-ikon untuk fungsi pengaturan model/jenis huruf, ukuran huruf, menebalkan huruf, mencetak huruf miring, membuat huruf turun, naik setengah karakter, menghapus huruf, memberi warna huruf, memberi background huruf, dan membuat huruf menjadi besar atau kecil satu karakter.
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font                             : Untuk memilih jenis huruf
Font Size                     : Untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font                   : Untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font                 : Untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case               : Untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting         : Untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold                            : Untuk menebalkan teks terpilih
Italic                            : Untuk memiringkan Teks terpilih
Underline                    : Untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough              : Memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript                     : Untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript                  : Untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect                  : Untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color   : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color                   : Untuk mengatur warna teks terpilih.

·         Submenu Paragraph
Kegunaan submenu Paragraph adalah untuk pengaturan dan pemberian bullet and numbering, pengaturan outline number, melakukan decrease dan increase indentasi paragraf, perataan teks atau Allignment (yang terdiri dari align left, right, dan justify), pengaturan jarak baris (spasi), pemberian color (fill color), pemberian bingkai (border), dan pengurutan data (sort).
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Nama Icon           Keteranagan
Bullets   untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering         untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent               untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent                untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right      untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left      untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort        untuk menyortir data
Show Paragraph Marks  untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left   untuk mengatur teks rata kiri
Center  untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right untuk mengatur teks rata kanan
Justify   untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing        untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading                untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border  untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih
·         Submenu Style
Submenu Style digunakan untuk mengatur penampilan teks (di antaranya dengan pilihan normal, tidak berspasi, serta heading).
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles               : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles                 : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
·         Submenu Editing
Submenu Editing digunakan untuk proses pengeditan teks.
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find                  : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace             : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Select                : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
·         Submenu Page
Submenu Page digunakan untuk untuk pembuatan halaman cover, membuat atau membuka dokumen yang masih kosong dan membuat penggalan halaman.
Nama Icon           Keteranagan
Cover Page         digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul
Blank Page          untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen Break
Page      untuk memisah suatu halaman file dokumen
·         Submenu Tabel
Submenu Insert Tabel digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan tabel ke dalam lembar kerja Word.
Nama Icon           Keteranagan
Insert Table        untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
Draw Table          untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
Convert Text to Table     digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
Excel Spreadsheet           untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
Quick Tables       untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010.

·         Submenu Ilustrations
Submenu Ilustrations digunakan untuk memudahkan Anda dalam mendesain lembar kerja dengan cara menambahkan gambar, Clip Art, Shapes (gambar-gambar sederhana yang ditampilkan Word 2007), dan menyisipkan grafik.
Nama Icon           Keteranagan
Picture  digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
Clip Art  untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
Shapes  digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
SmartArt              digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
Chart     digunakan untuk menyisipkan diagram
·         Submenu Link
Apabila Anda menginginkan untuk dapat menghubungkan file ke file yang lain, maka pilihan Link ini akan membantu dan mempermudah Anda menghubungkan ke file lain termasuk ke internet.
Nama Icon           Keterangan
Hyperlink             digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
Bookmark            digunakan membuat penanda buku
Cross-Reference              digunakan untuk membuat referensi antar file
·         Submenu Header and Footer
Insert Header and Footer digunakan untuk menyisipkan teks pada header dan footer sebuah dokumen serta pemberian nomor halaman.
Nama Icon           Keteranagan
Header digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
Footer   digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
Page Number    digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman
·         Submenu Text
Insert Text digunakan untuk membuat Text Box, membuat WordArt (huruf indah), serta pembuatan Drop Cap (huruf menjadi lebih besar di awal paragraf).
Nama Icon           Keteranagan
Text Box               digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
Quick Parts          digunakan untuk mengatur teks otomatis
WordArt               digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
Drop Cap              digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
Signature Line    digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
Date & Time       digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
Object   digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
·         Submenu Symbol
Insert Symbol digunakan untuk membuat/memasukkan rumus serta simbol-simbol ke dalam teks.
Nama Icon           Keteranagan
Equation              digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
c.       Fungsi Menu Tab Page Layout Word 2007
Tab Page Layout digunakan untuk mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberi warna background pada lembar kerja, mengatur spasi antarbaris, membuat kolom pada teks, dan mengatur indentasi. Tab Page Layout untuk mengatur tata letak data dalam Microsoft Word 2007. Tab Page Layout ini terdiri dari sub-sub menu berikut.
·         Themes
Themes digunakan untuk pengaturan huruf dengan format sesuai keinginan (misalnya heading, normal, dan lain-lain).
Nama Icon           Keteranagan
Themes                digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
Color      digunakan untuk mengatur warna tema halaman
Fonts     digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif
Effect    digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen
Page Setup digunakan untuk pengaturan margin (batas tepi kertas), paper size (ukuran kertas), dan pembuatan kolom teks.
Nama Icon           Keteranagan
Margins                digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen
Orientation         digunakan untuk mengatur posisi kertas
Size        digunakan untuk mengatur ukuran halaman
Columns               digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks
Breaks   digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks
Line Numbers    digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks
Hypenation         digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
Page Background digunakan untuk memformat halaman menjadi berwarna, watermark, dan pembuatan bingkai halaman kertas.
Nama Icon           Keteranagan
Watermark         digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
Page Color           digunakan untuk mengatur warna latar halaman
Page Borders     digunakan untuk mengatur garis tepi halaman
·         submenu Paragraph ini Anda dapat mengatur seberapa besar indentasi (menjorok) serta membuat spasi antarbaris teks Anda.
Nama Icon           Keteranagan
Indent   digunakan untuk mengatur batas teks
Spacing digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf
Arrange digunakan untuk mengatur tata letak/posisi teks di dalam halaman, seperti diletakkan di depan atau di belakang gambar.
Nama Icon           Keteranagan
Position                digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
Wrap text            digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
Bring Forward    digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
Send Backward digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
Selection Pane  menampilkan panel navigasi objek
Align      digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
Group   digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
Rotate   digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih
d.      Fungsi Menu Tab References Word 2007
Tab ini digunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi. References untuk memasukkan catatan kaki dan menyisipkan gambar pada Microsoft Word 2007
e.      Fungsi Menu Tab Mailings Word 2007
Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label. Tab Mailings digunakan untuk membuat surat massal pada Microsoft Word 2007
f.        Fungsi Menu Tab Review Word 2007
Tab Review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Tab Review untuk mengetahui kesalahan tata bahasa pada lembar kerja Microsoft Word 2007.
g.       Fungsi Menu Tab View Word 2007
Tab View digunakan untuk menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah dan Generasi Komputer

Teknik dan Panduan Membuat Daftar Isi dengan Multilevels List

membuat dan memodifikasi table serta menggunakan rumus sederhana di Ms Word 2010